Beranda > sang kyai > Sang Kyai 60

Sang Kyai 60

Dalam dunia ini semua sudah digariskan, dan jodoh pertemuan itu kadangkala seseorang sudah lama bersama runtang runtung, tapi kadang antara yang satu tidak bisa mengambil manfaat dari yang lain, karena secara tertulis di lauhil mahfudz keduanya tidak dijodohnya untuk saling mengambil manfaat dari yang lain, tapi kadang juga yang baru sekali bertemu, kemudian Alloh menghendaki kepada keduanya untuk saling bisa memberi manfaat, walau tak banyak pembicaraan terucap dalam pertemuan, dan tak banyak pekerjaan dijalankan bersama, itu mungkin bisa saja terjadi pada siapa saja, dan di manapun juga, tanpa harus diawali perencanaan, atau disertai suatu kisah terlebih dahulu, yang jelas segala kejadian yang telah terjadi, kejadian itu bernilai atau tidak, itu tergantung kita mampu tidak mengambil pelajaran di dalamnya, dan kejadian itu akan mendewasakan kita dalam berfikir, dan lebih bijak mengambil keputusan.

Kisah ini baru minggu kliwon kemaren, sebelum bulan puasa romadhon, sebenarnya kisah ini berawal dari seorang lelaki yang mengikuti pengajian di majlis dzikirku, sebagaimana biasa tiap yang mengikuti majlis dzikirku, kebanyakan tiap selesai dzikir, maka pada meminta amalan, dan begitu juga lelaki itu yang bernama Arifuddin, dia meminta amalan dariku lalu ku beri, sebagaimana biasa selesai meminta amalan, ku jelaskan cara menjalankan amalan dzikirnya, dan menjalankan lelakunya, entah sengaja atau tidak, pas lelaki itu meminta amalan aku mengatakan, “mungkin sebentar lagi dia akan mengalami kecelakaan, setelah mengamalkan amalan dariku, tapi insaAlloh tak apa-apa.” kataku. Dan ternyata setelah menjalankan amaliyah, kejadiannya benar-benar terjadi, Arifuddin mengalami kecelakaan, pas di sebuah tikungan, sedang dia mengendarai motor, motornya ditabrak motor lain, pas di tengahnya, Arifuddin terpental ke aspal, dan anehnya dia sama sekali tak lecet sedikitpun, sedang yang menabrak sampai luka sangat parah, malah selesai kecelakaan dia datang kerumahku, untuk menceritakan pengalamannya itu.

Tentu saja kejadian itu membuat Arifudin makin yakin dengan ikut dzikir aktif di majlisku, dan bukan itu saja Ibunya yang tinggal di lain kabupaten dengan majlisku, dimintanya juga ikut pengajian dzikir di majlisku. Dan kemantapan itupun dirasakan oleh ibunya, Ibunya Arifudin juga punya anak perempuan yang tinggal di Jakarta, dan di saat-saat terakhir, dia selalu mimpi buruk, dia mimpi anak perempuannya itu diikat dengan rantai oleh seorang lelaki tua, sehingga anak perempuannya itu tak bisa apa-apa, hanya menggeleng-gelengkan kepalanya, dia sangat kawatir dengan mimpinya itu, maka dia menghubungi anak perempuannya yang ada di Jakarta, jangan-jangan telah terjadi apa-apa yang tidak diinginkan.

Tapi anak perempuannya yang bernama Aisyah itu tak mau cerita tentang apa yang terjadi, sementara Aisyah sendiri sebenarnya selama setahun ini telah mengalami hal yang dia sendiri tak mengerti, dia jadi begitu malas menjalankan sholat, dia malas mengaji, dia malas menjalankan ibadah, bahkan dia merasa benci bila melihat suaminya, tapi Aisyah sendiri tak tau kenapa dia sampai menjadi seperti itu, sampai akhir-akhir ini dia muntah darah, dan cepat-cepat dia periksakan diri ke dokter, tapi setelah diperiksa, ternyata sama sekali tak ditemukan penyakit di dalam tubuhnya, sehingga membuat Aisyah dan suaminya bingung, seharusnya kalau sampai muntah darah pastilah ada penyakit di dalam tubuhnya, tapi ternyata menurut dokter Aisyah sehat-sehat saja

Sampai ibunya menelponnya untuk mengikuti pengajian dzikir di majlisku,

“Cobalah Ais… kamu ikut pengajian di tempat yang kakakmu ikut pengajian, kakakmu saja setelah ikut pengajian di sana, kecelakaan saja dia tak lecet,” kata ibunya di telpon.

“Tapi aku sibuk di Jakarta bu. Mana Pekalongan Jakarta jauh, dan aku tak bisa meninggalkan pekerjaan.” jawab Aisyah.

“Ya disempatkanlah Is, ya ikut sekali atau bagaimana, kamu kan masih muda, ibu sih sudah tua, kamu masih banyak perjalanan yang harus dilewati, jadi masih butuh banyak bekal.” kata Ibunya.

“Iya deh… nanti ku usahakan datang..” jawab Aisyah setelah didesak ibunya.

Sementara itu, sebelum Aisyah datang ke rumahku, malamnya aku mimpi, aku melihat perempuan, ya Aisyah itu datang ke rumahku, dan ku dapati banyak jin di tubuhnya, dan jin itu dikirim oleh seorang tua yang kerjanya di sawah. Aku tak memperdulikan mimpiku itu, sampai besoknya, sore hari Aisyah datang ke rumahku untuk mengikuti pengajian rutin tiap minggu kliwon, aku heran karena Aisyah ini perempuan yang ada di dalam mimpiku, ketika bertemu denganku, Aisyah bercerita tentang muntah darahnya, dan apa yang dialami selama setahun belakangan ini. Ku pinta dia mengulurkan pergelangan tangannya, dan ku pegang, dan langsung saja dia merasa ingin muntah, pertanda interaksi jin yang ada di dalam tubuhnya kontak, cepat-cepat ku lepaskan tangannya, karena waktu sudah sore, karena ku perhitungkan tak akan banyak waktu untukku mengeluarkan jin di dalam tubuhnya.

“Udah besok saja ku obati, sekarang dipakai istirahat saja.” kataku.

“Iya.” jawab Aisyah, yang kemudian pergi ke rumah kakaknya.

Malamnya Aisyah mengkuti pengajian dan dzikir bersama, tapi dia merasa lemas di tengah-tengah dzikir, dan ku biarkan saja, sampai besoknya dia datang lagi dari rumah kakaknya, dan bertemu denganku, dan minta ku obati, sekalian mau meminta amaliyah agar bisa dijalankan, lalu aku ambilkan amaliyah dasar dzikir pondasi yang biasanya ku berikan pada orang yang meminta amalan kepadaku.

Ku katakan dzikir pondasi, sebab itu bagiku adalah dzikir permulaan sebelum seseorang menjalankan dzikir tingkatan dalam thoreqoh, dzikir itu tak bedanya membangun rumah, diawali dengan pondasi, dan diusahakan pondasi itu kokoh dan kuat, makin kuat pondasi seseorang maka jika rumah itu makin tinggi dan bertingkat, maka tidak akan ada bahaya bagi orang yang menjalankan dzikir, yang sering terjadi, seseorang itu menjalankan dzikir dan wirid selalu diambil pokoknya, tanpa pondasi lebih dulu, maka makin tinggi dzikir yang dijalankan, hampir bisa dipastikan kemudian akan terjadi masalah, kalau tidak orangnya yang tak kuat, kemudian menjadi gila, ya kebanyakan kemudian dikuasai jin, dan disesatkan.

Awalnya aku juga tak berprasangka apa-apa, kertas tulisan dzikir pondasi ku serahkan kepada Aisyah, tapi setelah Aisyah itu memegang kertas dzikir, tiba-tiba tangannya bergetar tak bisa dikendalikan, kedua tangannya bergetar tak karuan, dia juga heran.

“Eee kenapa tanganku ini tak bisa ku kendalikan …!” jerit Aisyah,

Aku sendiri heran, kenapa kok jadi seperti itu, tiba-tiba tubuhnya terjengkang dan dia mengalami kesurupan, seketika suaranya berubah.

“Hiihiiiihihihi… kau ingin mengeluarkanku…, tidak bisa, aku tak mau keluar.” kata suara Aisyah yang menjadi suara nenek-nenek.

Wah dia kesurupan, pikirku. Lalu aku bertanya.

“Siapa ini?” tanyaku.

“Aku yang menghuni tubuh ini,” jawab nenek tua yang ada di tubuh Aisyah.

“Lalu kamu siapa?” tanyaku lagi

“Aku jin yang ada di tubuh ini…” jawabnya.

“Jin kiriman atau jin yang masuk sendiri?”

“Aku jin kiriman.”

“Siapa yang mengirim?”

“Mau tau saja…”

Karena ku tanya tak mau menjawab, maka segera jin ku keluarkan, tapi baru saja jin ku keluarkan, sudah berganti dengan jin yang baru, wah banyak juga jin yang di dalam, pikirku. Maka ku keluarkan lagi jin yang kedua, dan kembali lagi, ada jin lagi yang di dalam, sampai tiga kali ku keluarkan jin yang di dalam, ku lihat Aisyah lelah, maka ku suruh saja istirahat dan mandi di rumah kakaknya dulu, tapi baru saja dia pulang mandi di rumah kakaknya, aku dipanggil kakaknya, karena lagi-lagi Aisyah kerasukan, kali ini jin yang lain lagi. Dan untuk lengkapnya pas jin ini merasuk dan saat ku keluarkan, sudah ada videonya, karena saat itu banyak yang melihat dan yang menonton, pas kebetulan ada yang bawa HP sehingga kejadian pas bisa direkam, dan untuk melihatnya bisa dibuka di youtube: http://www.youtube.com/watch?v=bZmaEU…ture=g-upl

Setelah jin yang di video itu mencoba menyerangku, lalu tangan Aisyah ku tempelkan ke dadaku dan kepanasan, juga ilmunya musnah, maka sampai besoknya dia tak kerasukan lagi, sampai besoknya dia datang lagi ke rumahku, ingin ku cek masih ada tidak jin di dalam tubuhnya, maka ku arahkan tapak tanganku ke arah dadanya berjarak 15 cm, dan seketika yang ada di dalam tubuhnya bereaksi. Kali ini bukan tertawa-tawa seperti suara nenek-nenek, tapi menggerung-gerung dengan suara lelaki,

“Tau juga lu di mana aku sembunyi..” kata suara Aisyah yang sudah berubah dengan suara lelaki.

“Siapa ini?” tanyaku,

“Aku yang mengirim jin-jin masuk ke tubuh perempuan ini.” jawab lelaki di tubuh Aisyah.

Aku heran juga, berarti ilmu orang ini lumayan tinggi, pasti dia memakai ilmu raga sukma, tapi aku tak perlu gentar, maka ku serang dia, dan juga videonya bisa disaksikan di youtube, bagaimana lelaki yang dalam tubuh Aisyah itu menyerah dan tak sanggup melawanku, sebenarnya juga bukan aku ini orang yang sakti, tapi karena bagiku orang yang bersandar pada Alloh, maka Alloh itu lebih sakti dari jin manapun, dan ilmu manapun, jika kita bersandar pada Alloh kurasa sejauh mana kita bersandar dan tawakal maka Alloh pasti akan memberikan pertolongan.

Sampai akhirnya ilmu orang itu ku cabut, dan aku lupa, tidak berpikir, kalau ilmu orang itu ku cabut maka pasti dia akan susah keluar dari tubuh Aisyah, dan benar saja, ketika ku suruh keluar dan ku usahakan keluar aku sampai kuwalahan dan kehabisan akal, orang itu tetap tak bisa ku keluarkan, sampai dia mengatakan, “Ayo bantu keluarkan aku, aku tak bisa keluar, bantu aku, aku sudah tak kuat lagi, di dalam sangat panas,”

Sementara aku sendiri sudah mengarahkan segenap tenaga, tetap saja tak mampu ku keluarkan, sampai aku sendiri bingung, harus bagaimana, sampai ada bisikan di hatiku untuk meminta kekuatan semua karomah guruku, sampai bersambung kepada Nabi, lalu ku pegang tangan Aisyah, dan ku berdo’a supaya Alloh membersihkan tubuhnya dari kekuatan jahat orang yang ada di tubuhnya, dan Alhamdulillah Aisyah terbebas, dan sembuh dengan total. Dua hari kemudian kembali ke Jakarta.

_____________________________________________________________

Kalau lagi urusannya santet dan jin, maka biasanya urusannya kembali yang datang juga seperti itu, setelah masalah Aisyah selesai, datang lagi perempuan setengah baya, dia bercerita kalau mengalami sakit sudah lama, tapi begitu juga jika diperiksakan ke dokter maka tidak ditemukan sakit sama sekali, dia bercerita kalau sudah kemana saja mencari obat, tapi tak juga ada kesembuhan didapat, namanya bu Maslahah, menurut ceritanya, di tubuhnya sering ada dirasakan sesuatu yang berjalan, tak tau apa itu, dan sakitnya sampai ke sekujur tubuh, dari kepala, dan mata tak bisa melihat, sampai gigi juga rasanya copot semua, dan dadanya sesak katanya sulit bernafas, juga jika berdiri kemudian limbung, dan yang aneh di bagian-bagian kulitnya ada bundaran selebar gelas menghitam, dan gatalnya minta ampun.

Kucoba pegang pergelangan tangannya, dia langsung ingin muntah, wah kayaknya seperti penyakitnya Aisyah, pikirku. Tapi setelah ku coba deteksi, aneh tak ku rasakan getaran apa-apa, juga dia tidak mau muntah lagi, cuma tubuhnya merasa kepanasan, dan yang aneh setengah jam kemudian di pergelangan tanganku ada warna hitam, sebesar kelereng, aku heran, dan ku pegang rasanya nyeri.

Maslahah hanya ku beri air, dan alhamdulillah besoknya dia sms katanya penyakitnya sudah tak dirasakan lagi dan tubuhnya sudah enakan, tapi dua hari kemudian dia datang lagi, katanya penyakitnya dirasakan lagi, dan ku coba beri air lagi, belum tau bagaimana perkembangannya selanjutnya, semoga saja dia sembuh, dan tak kambuh lagi penyakitnya.

About these ads
  1. Fulan
    17 Agustus 2012 pukul 8:51 am

    Assalamualaikum pak Kyai,
    saya mau minta tolong,saya punya beberapa masalah yg sudah lama sekali sy alami dan belum dapat solusinya.
    1.beberapa tahun lalu ada perempuan yg suka sama sy dan sering skali mengantar makanan kerumah.sy sendiri sendiri tdk terlalu menanggapi karna megnanggap sebagai teman saja. Setelah tamat sma dia kemudian kuliah di jawa.dan kami tidak ketemu lagi. Sampai kemudian aku dengar kalau dia sudah menikah disana.sy tdk kepikiran krna sy juga tdk suka dia bukan tipeku juga.
    Masalahnya yg sy alami sekarang sy itu kalau membeli pakaian kalau tidak kemudaan ya ketuaan (warna dlam segi usia)dan kalau sy mau membeli itu keluarganya semua seperti ada di hati sy ya itu kknya,ibunya, adeknya,bpknya..,jadi yg sy bli itu selera adiknya atau bpknya.jadi ndak pernah itu selera sy sendiri sy juga tak bisa mengendalikan ini.sy ingin yg sy bli adalah selera sendiri gitu.tapi sy sendiri sepeti tdk mengenal diri sy yg ada itu didada sy cuma mereka (keluarganya).sekarang sy ingin lepas dri ikatan2 seperti itu hilang pengaruh dia dan keluarganya dari hati dan pikiranku. Gitu pak kyai.
    2. Saya punya masalah kesehatan sy minta disembuhkan juga dari masalah ini. Begini pak kyai..kalau sy puasa itu seperti skarng ini (ramadhan)sy punya mulut slalu penuh dengan air ludah ,setiap tiga puluh menit sudah penuh lagi jadi sering buang air ludah. Air liur seperti ngucur slalu. Padahal kalau diluar puasa tidak seperti itu. Ini sudah berlangsung lama skali.kalau bulan puasa datang sy rasa tersiksa sekali.karna mulut selau penuh dgn air ludah.bisakah saya minta doanya untuk kesembuhan saya dari masalah saya ini.sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    3.saya minta dijadikan murid torekohnya. Cuma posisi saya kan di kota sorong-Papua Barat.terima kasih.

  2. 23 Agustus 2012 pukul 7:49 pm

    waalaikum salam . untuk keadaan saudara Fulan, mungkin nanti bisa ikut dzikir bareng, jadi dzikir nyambung dari jauh seperti yang lain, yang selama ini telah berlaku, untuk apa yang ada di dalam tubuh itu, sialahkan saja waktu dzikir bareng itu sedia air mineral di depan diri sendiri saat dzikir itu, nanti air itu bisa di minum, dan di pakai mandi, insaalloh apa yang di alami, tentang keingetan pada orang lain, itu akan hilang.

  3. bai
    26 Agustus 2012 pukul 11:48 am

    asalamualaikum pak habib, salam kenal, nama saya bai asal serang saya ingin mengunjungi kyai lentik yang ada di tulisan ini,, boleh tau alamat lengkapnya, jika dari pandeglang lalu kearah mana. trimakasih sebelumnya mas habib

  4. bai
    27 Agustus 2012 pukul 2:12 am

    asalamualaikum pak kyai, mohon maaf ingin silaturakhim lagi nih, saya ingin masuk thorikoh melalui kyai lentik ,karena kebetulan saya tinggal di serang banten, cuma, saya baru tahu kalo di pandeglang ada kyai lentik , melalui tuliasan kyai hubaibullah ini, semoga pak kyai hubaibullah berknan membantu mengirim kan foto saya ke kyai lentik, entah memalui gaib atau apa, semoga kyai lentik mau menerima saya sebagai murid beliau. terima asih pak kyai hubaibullah. wassalamualaikum.

    • 27 Agustus 2012 pukul 5:37 am

      maaf Bai, kemaren bulan Romadhon, saya di pesan Kyai kalau saya tidak boleh menerima murid dari Banten dan dari Subang, sebab sudah ada bagiannya dari sana, yang di pasrahi sebagai ketuanya, yang namanya mang Engkus dari Serang, dia yang di serahi mengurusi thoreqoh dan murid yang dari Banten serang sampai ujung kulon, jadi maaf saya tidak ada hak untuk menjembatani, jika ingin serius, mungkin bisa mencari orang yang bernama itu, di serang, saya sendiri tidak tau tepatnya di mana alamatnya orang yg bernama Mang Engkus itu. soalnya saya walau sering kumpul dan bicara dengannya tapi tak pernah menanyakan alamatnya, mungkin kalau tdk salah daerah kantin, tdk tau kantin itu daerah apa bukan…

  5. bai
    27 Agustus 2012 pukul 11:13 am

    makasih pak kyai atas infonya, tapi kalo pak kyai kebetulan bertemu beliau, mang engkus tolong salamkan dari saya alfaakir BAI, dan kalo boleh minta nomor hp nya kalo ada atau nomor yang bisa dihubungi, saya tau daerah kantin, itu dekat dengan mesjid agung serang. semoga kebaikan pak kyai dibalas oleh allah subhanahuwata’ala.
    mengenai alamat kyai cilik bagaimana pak kyai hubaibullah ?

    • 31 Agustus 2012 pukul 4:06 am

      maaf BAI, saya tdk bisa membantu banyak, karena saya sendiri terikat dg sumpah bai’at harus taat kpd guru, jadi saya tdk bisa membantu banyak soal itu, jika serius silahkan mencari arah yg ku tunjukkan.

  6. 30 Agustus 2012 pukul 2:53 pm

    salam takzim

  7. dede woluma
    31 Oktober 2012 pukul 11:29 am

    Assalammualaikum wr.wb…Nama saya dede woluma,asal lampung,usia 31thn,sya punya permasalahan pelik di kejar2 member perusahaan investasi yg totalnya 24M,sy ingin konsultasi dengan kyai lentik,mohon di berikan alamat lengkapnya,sekali lagi mohon di berikan alamat lengkapnya agar sy mendapat pencerahan dri kyai lentik,terimakasih…wassalam

    • 2 November 2012 pukul 2:39 am

      maaf dede, untuk alamat kyai lentik sekarang ini saya tidak boleh mengungkapkan di manapun, itu pesan beliau, jadi maaf kalau tidak bisa memberitahu,

      • dede woluma
        2 November 2012 pukul 8:44 am

        Ass..klo bgtu sy mohon kpada smpyan mas,sya mnta nmor hp atau alamat rumahh atau email smpyan,sy dlm kondisi bnar2 terjepit,terima kasih…wass

  8. ali husin
    1 November 2012 pukul 9:35 am

    Batavusqu :salam takzim

    Assamulaikum mas. Maaf Mengganggu lagi, kemarin tanggal 30.10.2012 saya silaturrahmi sama Mas, dengan memasukan emal saya, tapi bukan yang terdaftar disini karena ada email pakai alamat kantor ada yahoo. jadi saya pakai yahoo. namun sampai saat ini saya belum menerima solusi terbaik harus bagaimana dan apa yang yang dilakukan.
    Mas. Pertama saya silaturrahmi minggu lalu jam 11.30 Malam saat saya sholat isa jam 12.30 terjadi sesuatu yang istimewa dibadansaya, ada bayan hitam sebesar pintu pergi meninggal badan saya juga mahluk

    berwarna merah lepas dari dada kanan. Saya pikir ini mungkin mas udah mulai memberikan bantuannya.
    Saat kemarin saya menulis lagi tangl 30.10.2012 pukul 8.45 kira waktu hampir sholat zhuhur badan seperti ada memcabuti penyakit saya.
    terlepas itu adalah bantuan yang mas berikan atau belum saya aturkan terima kasih.mudahan-mudahan alloh menambah rahmatnya buat mas.

    YTh. Mas Kiyai.
    sekali lagi saya mohon bantuannya ingin diberi amalan untuk membersih semua penyakit saya ini dan sekalian membersihkan rumah.juga untuk membuka pintu rezki dan lagi untuk warung agar banyak pengunjungnya ( Laku ) bisa di SMS dikisini ke 022 70333098.

    Mas Kalau diperkenan ijinkan saya untuk silaturrahmi ketempat mas. Saya tinggal dibandung

    Terimakasih
    salam ali husin

  9. 2 November 2012 pukul 2:44 am

    saudara Ali husin, bantuan yang ku berikan sebenarnya hanya Alloh yang melakukan, saya sama sekali tak melakukan apa-apa, semoga keadaannya makin membaik, silahkan kalau mau minta amalan silahkan add fb saya, jadi saya kirim lewat pesan,

  10. imam yarkasih
    27 Desember 2012 pukul 8:13 pm

    saya sangat tertarik sama ajaran yang dilakukan mas febrian atau mas nur kalau ndak salah dalam cerita di atas, sampai saya baca tamat semoga suatu kelak saya bisa ketemu karena saya lagi di saudi arabiah ( al kasim) do’akan mas semoga lancar dan semoga keluarga yang saya tinggalkan di jaga oleh ALLOH SWT Amin…..salam kenal Imam yarkasih Padeg,cerme,Gresik Jawatimur……

  11. DEA Erick
    7 Januari 2013 pukul 4:16 pm

    Assalamualaikum P’Kyai, sy mengikuti kisah Kyai mohon sy dibantu 1. krn pd tgl 4/1/2013 dinggangu yg tak kasat mata, sy da Keluarga dg 2 putri sedang suami kerjadi jkt, 2. mohon dptnya sy diberi amalan agar sy slalu dlm jln Allah, 3. sy pekerja tp banyak utang ni sebelumnya sy ucapkan terima kasih kami tunggu wassallam

  12. rachmad hidayat
    23 Februari 2014 pukul 3:41 pm

    Assalamualaikum pak kyai,

    Sy tertarik u bertemu dengan kyai lentik. Terutama istri sy kepengen belajar dr sosok beliau.

  13. 21 Juli 2014 pukul 11:59 pm

    kang sy minta alamat kiai yg akang tulis atau email akang soale sy buka facebook ggl terus sy ingin tau apa dibadan sy ada jinya karna sy sring mimpi yg berulanng2 dan mimpi yg sma mohon secepatnya dibalas kang sy sangat butuh bantuan akang atau kiai agar hidup sy bsa lebih taat lgi dalam ibadah

  14. 23 Juli 2014 pukul 10:05 pm

    malam kang ian sy dari malang ingin skli gabung di tqns klo boleh tau dimana alamat kiai nur atau cabang yg dimalang bsa g kang ian membimbing sy dri jauh agar sy bsa lebih mengenal allah sy tunggu kbrnya kang ian di no 085815559*** wassalam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.119 pengikut lainnya.